A.Workspace
beserta fungsinya:
a.Stage, bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat.
a.Stage, bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat.
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat
suatu movie. Stage sering di
sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran
tentang pembentukan animasi maupun gambar dibuat pada bidang ini.Anda dapat
merubah ukuran stage ini sesuai kebutuhan.
b.-Timeline , bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer
dan Scane.
-Library,di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard.
-Library,di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard.
c.-Action, tempat untuk menulis perintah
atau script yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan kecanggihan khusus.
-Properties,untuk melakukan pengaturan ukuran layar,warna background,framerate,dan dimensi dari animasi yang akan kita buat.
-Properties,untuk melakukan pengaturan ukuran layar,warna background,framerate,dan dimensi dari animasi yang akan kita buat.
B.Istilah dalam
flash:
a.single keyframe
dan frame
*single keyframe,terdapat
perubahan spesifik terhadap animasi.
*frame,suatu bingkai gambar
grafik bagian dari animasi.
b.motion
tweened frame, animasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Timeline
dengan mengubah ukuran (scale), rotasi (rotation), dan posisi (location) dengan
gerakan yang tidak putus-putus.
c.shape tween
frame,animasi perubahan bentuk atau ukuran dimana terjadi sebuah perubahan
dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
d.labeled
frame,identitas dari suatu frame.
e.skripted
frame,kode-kode program dalam flash digunakan untuk mengontrol jalanya
animasi agar lebih menarik.
C.Isi dari tiap
bagian Tools Panel dan fungsinya:
Tools area,view
area,colors area,option area.
Tools area: berisi tombol-tombol untuk membuat dan mengedit gambar.
View area: untuk mengatur tampilan lembar kerja.
Colors area: menentukan warna yang dipakai saat mengedit.
View area: untuk mengatur tampilan lembar kerja.
Colors area: menentukan warna yang dipakai saat mengedit.
Option area: alat bantu lain untuk mengedit
gambar.
D.Statistik teks,Dinamik
teks,Input teks.
a.Statistik teks,digunakan untuk menampilkan kata/kalimat yang hanya dapat
diubah bentuk dan isinya saat berada di Flash.Untuk membuatnya, aktifkan
terlebih dahulu text tool dengan cara mengkliknya langsung di toolbox atau
menekan tombol T pada keyboard.Setelah text tool aktif, bukalah panel
properties dengan menekan Ctrl+F3 pada keyboard.Ubah Text type pada panel
properties menjadi Static Text.
b.Dinamik teks,digunakan untuk menampilkan
kata/kalimat yang dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengubah bentuk dan isinya
anda dapat menggunakan actionscript.Untuk membuatnya, aktifkan terlebih dahulu
text tool dengan cara mengkliknya langsung di toolbox atau menekan tombol T
pada keyboard.Setelah text tool aktif, bukalah panel properties dengan menekan
Ctrl+F3 pada keyboard.Ubah Text type pada panel properties menjadi Dynamic
Text.
c.Input teks,digunakan untuk memasukkan
kata/kalimat sesuai keinginan user/pengguna. Untuk mengubah bentuk dan isinya
anda juga dapat menggunakan actionscript.Untuk membuatnya, aktifkan terlebih
dahulu text tool dengan cara mengkliknya langsung di toolbox atau menekan
tombol T pada keyboard.Setelah text tool aktif, bukalah panel properties dengan
menekan Ctrl+F3 pada keyboard.Ubah Text type pada panel properties menjadi
Input Text.
E.Breaking Text Apart
Breaking Text Apart,memecah suatu kata yang utuh menjadi kata-kata
tersendiri. Misalnya KAMAR ketika di
Break apart akan menjadi K A M A R. Sehingga huruf-huruf tersebut dapat di edit
satu persatu hurufnya.
Pertama, buat dulu suatu kata dengan
Text tool. Dengan opsi static text di panel Properties.
Pilih kata tadi dengan Selection tool, klik Modify > Break Apart.
Pilih kata tadi dengan Selection tool, klik Modify > Break Apart.
Saat ini kata tadi telah menjadi
kumpulan huruf-huruf yang berdiri sendiri tidak berdasarkan kata,tetapi telah
terpisah-pisah.
F.Linking Teks
Linking teks,yaitu teks yang akan dijadikan link agar bisa
terhubung ke internet. Cara membuat Linking Teks kesebuah URL adalah
dengan cari kata atau kalimat yang saat di Klik akan menuju Halaman lain,
lalu tandai atau blok kata.kalimat tersebut. Setelah ditandai Klik tanda
link. Maka anda akan di bawa ke halaman Lain, URL : isilah Alamat Web
yang anda inginkan.
G.Bitmap dan Vektor
a.Bitmap:Uukuran gambar jelas jika diperbesar.Ukuran yang
dihasilkan besar.Tersusun atas titik.Kualitas
grafis bergantung dari banyak pixel.
b.Vector: Gambar tetap jelas jika diperbesar .Ukuran file
yang dihasilkan kecil.Tersusun oleh grafis dan kurva .Kualitas
grafis bergantung dari banyaknya pixel.
H.Motion
Tween dan Shape Tween
a.Motion Tween,pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir.
sebagai contoh jika anda ingin menggerakan suatu bola dari atas kebawah, dengan
adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat
banyak objek.
b.Shape Tween,perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. untuk Shape Tween objek yang
dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape
Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.
I.Fungsi Tipe
Simbol
a.Tipe Simbol
Grafik,ini adalah jenis
simbol yang statis. salah satu type symbol yang
fungsinya sama dengan movie clip hanya saja graphic tidak bisa dimasuki
actionscript,simbol ini dapat digunakan untuk membuat
objek.
b.Tipe Simbol
Movie Clip, jenis symbol yang diperlukan
untuk membuat objek animasi yang memiliki multiframe sendiri sebagai
Timelinenya. Jadi symbol yang dihasilkannya bisa dimainkan secara terpisah dari
movie utamanya.
c.Tipe Simbol
Button, adalah salah satu type dari
symbol. Button digunakan untuk membuat tombol di flash. Dengan dijadikannya
suatu objek menjadi button maka selain objek tersebut menjadi tombol, objek
tersebut juga dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi
tween, masking, guide dan juga kita dapat memberikan actionscript pada objek
tersebut. Di bawah ini kita akan mempelajari cara dasar membuat tombol.
d.Tweening pada
Symbol, jenis tweening yang utama dan
paling mendasar. Fungsinya adalah menggerakan objek dari satu tempat ke tempat
yang lain atau bisa juga untuk mengubah ukuran dari yang kecil menjadi besar,
begitu pula sebaliknya atau bisa juga objek yang kelihatan menjadi hilang dan
sebaliknya.
J.Format
Publising Flash Movie
a. Flash *.swf,project akan dikompilasikan menjadi
bentuk “swf”.
Jika project murni atau belum disave “.swf” akan membuka flash
pada komputer yang telah ada aplikasi flashnya.
b.Html *.html,project akan dikompilasikan menjadi bentuk “.swf” beserta file
“html”.
c.Windows Projektor *.exe,project ini akan dikompilasikan menjadi file “exe”.
Reference:
http://bintang-agusta-lesmana.blogspot.com
http://depotflash.blogspot.com
http://chugygogog.blogspot.com
http://suka2shop.blogspot.com
http://depotflash.blogspot.com
http://chugygogog.blogspot.com
http://suka2shop.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar