Kamis, 14 Maret 2013

Praktikum ke-2 Multi Media



A.Workspace beserta    fungsinya:

a.Stage, bagian yang di gunakan untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat.
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie.            Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gambar dibuat pada bidang ini.Anda dapat merubah ukuran stage ini sesuai kebutuhan.
b.-Timeline , bagian untuk membuat animasi di mana berisi frame, layer dan Scane.
 
  -Library,di gunakan untuk menyimpan symbol yang di gunakan untuk mpembuatan movie. Symbol ini merupan objek baik yang menggunakan objek gambar (vector atau bitmap), tombol ,suara dan movie. Penggunaan objek yang berul;ang ulang akan memperbesar ukuran file Symbol yang di gunakan berulang ulang tidak akan memperbesar ukuran file. Setiap salinan symbol di pakai pada stage di namakan Instance. Untuk menampilkan kotak library arahkan mouse pada menu Window > Library atau tekan Tombol F11 Pada Keyboard.
c.-Action, tempat untuk menulis perintah atau script yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan          kecanggihan  khusus.
   -Properties,untuk melakukan pengaturan ukuran layar,warna background,framerate,dan dimensi dari animasi yang akan kita buat.


B.Istilah dalam flash:
a.single keyframe dan frame
            *single keyframe,terdapat perubahan spesifik terhadap animasi.
            *frame,suatu bingkai gambar grafik  bagian dari animasi.
b.motion tweened frame, animasi yang dapat dilakukan dengan menggunakan Timeline dengan mengubah ukuran (scale), rotasi (rotation), dan posisi (location) dengan gerakan yang tidak putus-putus.
c.shape tween frame,animasi perubahan bentuk atau ukuran dimana terjadi sebuah perubahan dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
d.labeled frame,identitas dari suatu frame.
e.skripted frame,kode-kode program dalam flash digunakan untuk mengontrol jalanya animasi agar lebih menarik.

C.Isi dari tiap bagian Tools Panel dan fungsinya:
Tools area,view area,colors area,option area.

  Tools area: berisi tombol-tombol untuk    membuat dan mengedit gambar.
  View area: untuk mengatur tampilan lembar kerja. 
  Colors area: menentukan warna yang dipakai saat mengedit. 
Option area: alat bantu lain untuk mengedit gambar.





D.Statistik teks,Dinamik teks,Input teks.

a.Statistik teks,digunakan untuk menampilkan kata/kalimat yang hanya dapat diubah bentuk dan isinya saat berada di Flash.Untuk membuatnya, aktifkan terlebih dahulu text tool dengan cara mengkliknya langsung di toolbox atau menekan tombol T pada keyboard.Setelah text tool aktif, bukalah panel properties dengan menekan Ctrl+F3 pada keyboard.Ubah Text type pada panel properties menjadi Static Text.
b.Dinamik teks,digunakan untuk menampilkan kata/kalimat yang dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk mengubah bentuk dan isinya anda dapat menggunakan actionscript.Untuk membuatnya, aktifkan terlebih dahulu text tool dengan cara mengkliknya langsung di toolbox atau menekan tombol T pada keyboard.Setelah text tool aktif, bukalah panel properties dengan menekan Ctrl+F3 pada keyboard.Ubah Text type pada panel properties menjadi Dynamic Text.
c.Input teks,digunakan untuk memasukkan kata/kalimat sesuai keinginan user/pengguna. Untuk mengubah bentuk dan isinya anda juga dapat menggunakan actionscript.Untuk membuatnya, aktifkan terlebih dahulu text tool dengan cara mengkliknya langsung di toolbox atau menekan tombol T pada keyboard.Setelah text tool aktif, bukalah panel properties dengan menekan Ctrl+F3 pada keyboard.Ubah Text type pada panel properties menjadi Input Text.

E.Breaking Text Apart
Breaking Text Apart,memecah suatu kata yang utuh menjadi kata-kata tersendiri. Misalnya KAMAR  ketika di Break apart akan menjadi K A M A R. Sehingga huruf-huruf tersebut dapat di edit satu persatu hurufnya.
Pertama, buat dulu suatu kata dengan Text tool. Dengan opsi static text di panel Properties.
Pilih kata tadi dengan Selection tool, klik Modify > Break Apart.
Saat ini kata tadi telah menjadi kumpulan huruf-huruf yang berdiri sendiri tidak berdasarkan kata,tetapi telah terpisah-pisah.

F.Linking Teks
Linking teks,yaitu teks yang akan dijadikan link agar bisa terhubung ke internet. Cara membuat Linking Teks kesebuah URL adalah dengan cari kata atau kalimat yang saat di Klik akan menuju Halaman lain, lalu tandai atau blok kata.kalimat tersebut. Setelah ditandai Klik tanda link. Maka anda akan di bawa ke halaman Lain, URL : isilah Alamat Web yang anda inginkan.

G.Bitmap dan Vektor

a.Bitmap:Uukuran gambar jelas jika diperbesar.Ukuran yang dihasilkan besar.Tersusun atas titik.Kualitas grafis bergantung dari banyak pixel.
b.Vector: Gambar tetap jelas jika diperbesar .Ukuran file yang dihasilkan kecil.Tersusun oleh grafis dan kurva .Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel.
H.Motion Tween dan Shape Tween
a.Motion Tween,pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. sebagai contoh jika anda ingin menggerakan suatu bola dari atas kebawah, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek.
b.Shape Tween,perubahan bentuk dari suatu objek  ke objek lain. untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.


I.Fungsi Tipe Simbol

a.Tipe Simbol Grafik,ini adalah jenis simbol yang statis. salah satu type symbol yang fungsinya sama dengan movie clip hanya saja graphic tidak bisa dimasuki actionscript,simbol ini dapat digunakan untuk membuat objek.
b.Tipe Simbol Movie Clip, jenis symbol yang diperlukan untuk membuat objek animasi yang memiliki multiframe sendiri sebagai Timelinenya. Jadi symbol yang dihasilkannya bisa dimainkan secara terpisah dari movie utamanya.
c.Tipe Simbol Button, adalah salah satu type dari symbol. Button digunakan untuk membuat tombol di flash. Dengan dijadikannya suatu objek menjadi button maka selain objek tersebut menjadi tombol, objek tersebut juga dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide dan juga kita dapat memberikan actionscript pada objek tersebut. Di bawah ini kita akan mempelajari cara dasar membuat tombol.
d.Tweening pada Symbol, jenis tweening yang utama dan paling mendasar. Fungsinya adalah menggerakan objek dari satu tempat ke tempat yang lain atau bisa juga untuk mengubah ukuran dari yang kecil menjadi besar, begitu pula sebaliknya atau bisa juga objek yang kelihatan menjadi hilang dan sebaliknya.

J.Format Publising Flash Movie

a. Flash *.swf,project akan dikompilasikan menjadi bentuk “swf”.
Jika project murni atau belum disave “.swf” akan membuka flash pada komputer yang telah ada aplikasi flashnya.
b.Html *.html,project akan dikompilasikan menjadi bentuk “.swf” beserta file “html”.
c.Windows Projektor *.exe,project ini akan dikompilasikan menjadi file “exe”.


Reference:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar